Updates @EkyDakka.Com (Jurnal SNA 6 - 13)


Click Flag to Translate Bahasa Indonesia 中文(简体) Português English (US) Français Deutsch Italiano 日本語 한국어 Русский Español

Thursday, March 11, 2010

Penanaman Modal Asing (PMA)....

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PMA DI DIY

ABSTRAK

Penanaman modal asing merupakan salah satu sumber dana dan jasa pembangunan di negara sedang berkembang seperti Indonesia. Kebijakan-kebijakan pemerintah baik deregulasi di sektor riil maupun di sektor moneter mendorong adanya peningkatan investasi baik dari dalam maupun luar negeri. Meningkatnya penanaman modal asing ini tidak terlepas dari pengaruh berbagai faktor ekonomi.

Dalam penelitian ini akan diamati sejauhmana pengaruh faktor ekonomi yang meliputi suku bunga internasional, tingkat inflasi di Indonesia, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), fasilitas (prasarana) dari pemerintah, penanaman modal asing periode sebelumnya maupun krisis ekonomi yang melanda Indonesia tahun 1998 terhadap penanaman modal asing daerah khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sumber data diperoleh dari instansi pemerintah baik itu Bank Indonesia, BPS DIY, BAPEDA DIY dan KIMPRASWIL DIY.

Berdasarkan analisis data dengan bantuan software SPPS 11,5 dan metode regresi linier berganda, diperoleh hasil bahwa faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi penanaman modal asing di DIY adalah Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), fasilitas (prasarana) dari pemerintah, penanaman modal asing periode sebelumnya dan krisis ekonomi tahun 1998. Sedangkan faktor yang tidak signifikan mempengaruhi penanaman modal asing di DIY adalah suku bunga internasional dan tingkat inflasi di Indonesia.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Terbatasnya sumber daya modal adalah salah satu masalah yang dihadapi oleh kebanyakan negara berkembang dalam melaksanakan pembangunan ekonomi. Minimnya modal membawa pada rendahnya produktivitas yang berakibat pada rendahnya pendapatan masyarakat. Hal ini berarti akan terjadi terbatasnya modal untuk investasi.Keadaan ini akan terus berlangsung sampai ada upaya untuk meningkatkan investasi dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi sampai pada tingkat yang tinggi.

Salah satu cara yang dapat ditempuh dalam pemenuhan kebutuhan akan investasi adalah dengan penanaman modal asing. Untuk negara-negara yang belum maju seperti Indonesia, penanaman modal asing memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan pinjaman komersil untuk pembiayaan pembangunan. Penanaman modal asing merupakan salah satu sumber dana dan jasa pembangunan di negara sedang berkembang berkat sifat khususnya berupa paket modal, teknologi, dan keahlian manajemen yang selektif sertas pemanfaatannya dapat disinkronkan dengan tahapan pembangunan negara yang bersangkutan (Sumantoro, 1983:9).
Download link:
(copy lalu paste ke browser anda)
http://bit.ly/9pEhqD

No comments:

Post a Comment