Pengaruh Information Technology Relatedness Terhadap Kinerja Perusahaan - SNA 11


Pengaruh Information Technology Relatedness Terhadap Kinerja Perusahaan - SNA 11

PENGARUH INFORMATION TECHNOLOGY RELATEDNESS TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN

(Penelitian terhadap Perusahaan Perbankan di Jawa Tengah)

Abstrak

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keterkaitan teknologi informasi (TI) terhadap kinerja perusahaan. Pengukuran keterkaitan TI menggunakan pendekatan pemodelan faktor reflektif tingkat kedua untuk empat dimensi keterkaitan TI: strategi TI, pengelolaan vendor TI, pengelolaan sumber daya manusia TI, dan infrastruktur TI. Dalam perspektif sumber daya dan teori ekonomi, sinergi TI dalam perusahaan berasal dari keterkaitan dan saling melengkapi sumber daya TI. Penggunaan keterkaitan TI sebagai keunggulan kompetitif dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

    Data dikumpulkan melalui survei terhadap 93 manajer kantor cabang perbankan di Jawa Tengah. Analisis data menggunakan Model Persamaan Struktural (SEM) dengan program SmartPLS (Partial Least Square).

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterkaitan teknologi informasi berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan sesuai dengan hipotesis. Tingkat diversifikasi produk memoderasi hubungan antara keterkaitan TI dan kinerja perusahaan. Dengan demikian, sinergi nilai yang muncul dari penggunaan sumber daya TI yang saling melengkapi dan proses manajemen yang terkoordinasi memiliki efek yang signifikan terhadap kinerja perusahaan.

    Kata kunci: Keterkaitan Teknologi Informasi, Diversifikasi Produk, Kinerja Perusahaan, Konstruk Tingkat Kedua, Partial Least Square.

Jurnal Simposium Nasional Akuntasi XI (SNA 11)

Download Link:


Previous Post Next Post

Download