Updates @EkyDakka.Com (Jurnal SNA 6 - 13)


Click Flag to Translate Bahasa Indonesia 中文(简体) Português English (US) Français Deutsch Italiano 日本語 한국어 Русский Español

Wednesday, March 3, 2010

EARNINGS DAN ARUS KAS MASA DEPAN......

KEMAMPUAN EARNINGS DAN ARUS KAS DALAM MEMPREDIKSI EARNINGS DAN ARUS KAS MASA DEPAN
(Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi)


(Skripsi Akuntansi)

ABSTRAK

Prediksi earnings dan arus kas pada analisis keuangan digunakan sebagai alat bantu untuk mengurangi resiko ketidakpastian dalam pengambilan keputusan- keputusan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mendapatkan bukti empiris mengenai kemampuan earnings dan arus kas dalam memprediksi earnings dan arus kas masa depan serta untuk mendapatkan bukti empiris apakah prediktor earnings memberikan kemampuan prediksi incremental terhadap arus kas jika digunakan secara bersama-sama dengan prediktor arus kas.

Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 34 perusahaan pada industri barang konsumsi yang terdaftar di BEJ selama periode 2001-2004, dengan menggunakan metode statistik regresi linier. Analisis juga dilakukan terhadap data yang telah dideflasi dengan faktor deflator indeks harga konsumen (Consumer Price Index).

Data earnings dan arus kas yang digunakan dalam pengujian hipotesis dalam penelitian ini merupakan data laporan keuangan untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember.

Hasil pengujian hipotesis pertama tanpa atau dengan deflator menunjukkan, baik prediktor earnings maupun arus kas sebagai prediktor earnings mempunyai kemampuan yang signifikan dalam memprediksi earnings masa depan. Akan tetapi nilai adjusted R square prediktor earnings lebih besar dibandingkan prediktor arus kas, sehingga prediktor earnings lebih baik dibandingkan prediktor arus kas dalam memprediksi earnings masa depan. Hasil pengujian hipotesis kedua, pengujian tanpa atau dengan deflator, prediktor earnings lebih baik dibanding prediktor arus kas dalam memprediksi arus kas masa depan, karena prediktor arus kas tidak mempunyai kemampuan yang signifikan dalam memprediksi arus kas masa depan. Pengujian ketiga, pengujian dengan atau tanpa deflator hasilnya yaitu prediktor earnings memberikan kemampuan prediksi inkremental terhadap arus kas.

Kata kunci: Earnings, arus kas, prediksi, prediktor, inkremental

...........................

3.4. Definisi dan Pengukuran Variabel Penelitian

Sejalan dengan hipotesis dalam penelitian digunakan dua variabel, yaitu earnings (laba bersih) dan arus kas. Earnings adalah laba bersih setelah pajak dan merupakan salah satu pos dalam dalam laporan rugi-laba. Arus kas yang digunakan adalah total arus kas dari aktivitas operasi. Faktor deflator yang disertakan dalam pengujian adalah indeks harga konsumen.

Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah:

1. Variabel bebas (independen variable) adalah variabel yang diduga berpengaruh terhadap variabel lain.
2. Variabel terikat (dependen variable) adalah variabel yang diduga mempengaruhi variabel bebas. 


Download Skripsi (PDF) :
http://bit.ly/bMjgPv

No comments:

Post a Comment